"Sekarang kamu sedang mendengarkan Radio Universitas Tarumanagara (VOMS) Live Streaming dan juga dapat dinikmati via Radio 1098 AM"

Iklan , Advertising

Senin, 29 November 2010

Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling banyak digunakan perusahaan dalam mempromosikan produknya.
Paling tidak ini dapat dilihat dari besarnya anggaran belanja iklan yang dikeluarkan setiap perusahaan untuk merek-merek yang dihasilkannya.
Setidaknya Iklan harus mempunya 4 unsur sebagai berikut  :
  1. Public Presentation
  2. Pervasiveness
  3. Amplified Expressiveness
  4. Impersonality 
Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung, yang didasari pada informasi tentang keunggulan atau keuntungan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian. AMA (American Marketing Association) mendefinisikan iklan sebagai semua bentuk bayaran untuk mempresentasikan dan mempromosikan ide, barang, atau jasa secara non personal oleh sponsor yang jelas. 
Sedangkan yang dimaksud dengan periklanan adalah seluruh proses yang meliputi penyiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan iklan. Iklan memiliki empat fungsi utama, yaitu menginformasikan khalayak mengenai seluk beluk produk (informative), mempengaruhi khalayak untuk membeli (persuading), dan menyegarkan informasi yang telah diterima khalayak (reminding), serta menciptakan suasana yang menyenangkan sewaktu khalayak menerima dan mencerna informasi (entertainment).

Iklan merupakan senjata yang penting bagi seseorang atu perusahaan untuk memeasarkan produk atau jasanya kepada target konsument yang dituju. Banyak iklan-iklan yang dibuat untuk menyaingi para pesaing lainnya. Sebagai contoh iklan  Blackberry yang bersaing dengan Apple berikut ini.
========================
========================
Tidak mau ketinggalan, dan dipecundangi Blackberry, Apple melakukan iklan serupa dengan konsep yang sama :
========================
========================

Iklan dinilai sangat penting untuk mempromosikan produk perusahaan tersebut, agar dapat dinikmati langusng oleh konsument.
Dimana ini merupakan metoe komunikasi pendekatan yang dilakukan kepada konsumen.
Banyak meia yang digunakan untuk melakukan iklan, mulai dari media cetak, media elektronik hingga media internet. Taupun juga media luar ruangan.
Semakin banyak media yang dipergunakan semakin efektif juga hasil dari iklan tersebut.


Sumber : Youtube.com & GOOD Magz

0 komentar:

Posting Komentar