"Sekarang kamu sedang mendengarkan Radio Universitas Tarumanagara (VOMS) Live Streaming dan juga dapat dinikmati via Radio 1098 AM"

Prilaku Konsumen / Consumer Behaviour

Kamis, 09 Desember 2010

Konsumen bisa dibilang adalah Raja, atau biasa dikenal dengan istilah "Pembeli adalah Raja", mungkin itu yang akan kita tetap pertahankan, dan untuk mempertahankan hal tersebut kita harus memperlajari bagaimana prilaku konsumen kita.
Dan beberapa alasan mengapa kita harus tahu prilaku konsumen kita :
1. Analisis Konsumen sebagai Dasar Manajemen Pemasaran. Analisis ini akan membant para manajer untuk : membantu untuk
a. Mendesain bauran pemasaran
b. Mensegmen pasar bisnis
c. Memposisikan dan mendirensiasikan produk
d. Melaksanakan analisis lingkungan
e. Mengembangkan studi riset pasar
2. Perilaku konsumen harus memainkan peranan yang penting dalam pengembangan kebijakan publik
3. Studi perilaku konsumen akan memungkinkan seseorang menjadi konsumen yang lebih efektif
4. Analisis konsumen memberikan pengetahuan menyeluruh tentang perilaku manusia
5. Studi perilaku konsumen juga memberikan tiga jenis informasi :
a. Orientasi Konsumen
b. Fakta-fakta tentang perilaku manusia
c. Teori-teori yang menjadi pedoman proses pemikiran

===================================


===================================

Perilaku konsumen dapat dirumuskan sebagai perilaku yang ditunjukkan oleh orang-orang, dalam hal merencanakan, mempertimbangkan, membeli dan menggunakan barang-barangatau jasa-jasa yang ditawarkan oleh setiap pelaku usaha. Dengan demikian dapat disimpulkan perilaku konsumen terdiri dari aktifitas-aktifitas yang melibatkan orang-orang sewaktu sedang menyeleksi, mempertimbangkan, membeli dan menggunakan produk-produk dan jasa-jasa,sedemikian rupa sehingga hal tersebut dapat memberikan kepuasan bagi mereka sehingga terpenuhi kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan mereka.
Sebagai salah satu pemikir Schiffman dan Kanuk (1994) beranggapan bahwa Istilah perilaku Konsumen diartikan sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.
Untuk mengetahu prilaku konsumen maka kita harus tahu juga pikiran yang benar terhadap konsumen kita tersebut, yaitu :
Konsumen adalah Raja
Motivasi dan Perilaku Konsumen
Dapat dimengerti Melalui Penelitian
Perilaku Konsumen Dapat Dipengaruhi
Pengaruh Konsumen Sah Secara Sosial

Oleh karena itu kita mengenal istilah proses pengambilan keputusan konsumen, yaitu :

Proses Keputusan Konsumen
Engel et. al. 1994

Hasil - Pembelian - Evaluasi - Alternatif - Pencarian - Informasi - Pengenalan - Kebutuhan - Keterlibatan Tinggi

Sumber :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/10/perilaku-konsumen-consumer-behavior/ 

0 komentar:

Posting Komentar